Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta

Bunker Kaliadem Yogyakarta, Tempat Persembunyian Bawah Tanah yang Menjadi Saksi Bisu Sejarah Erupsi Gunung Merapi

Sekilas Mengenai Bunker Kaliadem Yogyakarta

Bunker Kaliadem merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kaki Gunung Merapi. Bunker atau lubang perlindungan bawah tanah ini pernah tertumpuk material awan panas 3 tahun. Bunker Kaliadem ini memiliki kedalaman 3 meter dengan luas 12 x 8 meter. Setelah tertutup awan panas atau wedhus gembel pada tahun 2010 lalu, proses pencarian dan penggalian Bunker ini terhitung cukup sulit karena tertumpuk material awan panas sedalam 4 meter. Setelah dilakukan konstruksi dan beberapa pembangunan di sekitar lokasi, sekarang Bunker Kaliadem dikelola oleh masyarakat sekitar menjadi objek wisata dalam destinasi paket wisata jogja.

Sebelum terjadinya erupsi, kawasan Kaliadem ini merupakan tempat yang sering digunakan sebagai camping ground bagi para pendaki Gunung Merapi. Luas keseluruhan areanya pun tidak main-main yaitu sekitar 25 hektar. Setelah terkena awan panas pada tahun 2010, daerah di sekitar Bunker Merapi ini masih jarang ditumbuhi tanaman. Saat berkunjung ke lokasi akan terlihat pemandangan yang dipenuhi dengan warna hitam, putih, coklat dan abu-abu, karena didominasi oleh hamparan pasir dan bebatuan vulkanik dari Gunung Merapi yang terbawa oleh awan panas.

Wisata Bunker Kaliadem
Wisata Bunker Kaliadem

Saat ini lokasi Kaliadem dan lokasi Bunker Kaliadem dimanfaatkan oleh warga sekitar dan pemerintah untuk dikelola menjadi objek wisawata dan salah satu destinasi Lava Tour Merapi. Keberadaannya di bawah kaki Gunung Merapi membuat daerah Bunker Kaliadem ini sejuk bahkan cenderung dingin. Dari Bunker Kaliadem, pemandangan Gunung Merapi akan terlihat sangat jelas. Saat berkunjung pada pagi hari akan terlihat pemandangan Gunung Merapi yang masih tertutup kabut, namun tetap indah dilihat. Sedangkan saat malam hari akan terdengar suara sulfara dan akan terlihat kepulan asap dari dalam kawah Merapi.

Di lokasi paket wisata yogyakarta 3 hari 2 malam Bunker Kaliadem, wisatawan bisa berfoto sepuasnya baik di dalam Bunker atau pun di bagian luar. Di lokasi Bunker Kaliadem sudah tersedia tulisan besar penanda lokasi yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Bunker Kaliadem disarankan untuk menggunakan baju yang tebal dan hangat karena lokasinya yang di bawah kaki Gunung Merapi membuat hawa di sekitar Kaliadem ini dingin.

Lokasi Bunker Kaliadem

Lokasi Bunker Kaliadem berada di Dusun Kaliadem, Desa Kapuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak 27 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi Bunker Kaliadem

Rute bunker kaliadem untuk wisawatan yang berasal dari pusat kota Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Bunker Kaliadem bisa melalui Jalan kaliurang, kemudian belok ke kanan menuju Jalan Pamungkas dan mengarah ke utara menuju Jalan Cangkringan. Setelah tiba di Cangkringan terus saja menyusuri Jalan yang berkelok hingga akhirnya tiba di Merapi Golf. Kemudian menuju jalan Kaliadem Raya, dimana lokasi Bunker Kaliadem berada. Lama perjalanan yang dibutuhkan untuk menuju Bunker Kaliadem adalah 60-90 menit.

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem
Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem

Harga Tiket Masuk Bunker Kaliadem

Untuk harga tiket masuk Bunker Kaliadem, setiap wisatawan yang berkunjung akan dikenakan biaya Rp. 10.000 per orang dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan. Atau bagi yang ingin berwisata keliling sekitar kaki Gunung Merapi bisa juga menyewa Lava Tour yang banyak ditawarkan karena seklain berkunjung ke Bunker Merapi, wisatawan juga dapat berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya seperti Telogo Putri, Kali Kuning dan Museum Mini Sisa Hartaku yang sudah termasuk dalam satu paket tour. Biayanya memang agak mahal yaitu Rp. 250.000-Rp. 350.000 per mobil untuk jarak dekat dan Rp. 400.000-Rp. 600.000 per mobil untuk jarak jauh. Satu mobil Jeep Lava Tour ini bisa memuat 4-5 orang.

Paket Liburan Jogja Bunker Kaliadem

Untuk pilihan paket libruan ke bunker kaliadem Anda bisa melakukan pemesanan di goldentourjogja karena banyak pilihan paket tour serta bisa juga custom tour jogja.

Wisata Hits Jogja Lainnya

Wisata Malam Hari di Malioboro Yang Romantis dan M... Wisata Malam Hari di Malioboro - Siapapun yang suka berpergian dan mendapatkan temoat bagus untuk bersantai dan menyimpan kenangan pastinya akan setuj...
Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam Itinerary Jogja 3 Hari 2 Malam - Yogyakarta untuk liburan kelaurga atau dengan rombongan memang tak ada habisnya, banyak tempat wisata jogja hits dan ...
Cerita Menarik Di Balik Pesona Alun-Alun Kidul Jog... Ketika kamu masih sibuk dengan serangkaian kegiatan meleleahkan selama weekdays, maka sesekali harus ada pereda jenuh berupa liburan sederhana. Nah, j...